Rabu, 05 Januari 2011

SUKU TERASING DI SP9 CECAR KABUPATEN MUSI RAWAS



Bagi sebagian besar orang, mendengar kata tentang suku anak dalam akan menyisakan sebuah perasaan yang kurang menyenangkan. Namun ada juga sebagian besar orang yang akan sangat antusias mendengarkan informasi-informasi tentang suku anak dalam. Bagi mereka ada suatu sensasi tersendiri tentang kata anak dalam tersebut. Sebuah sensasi alam yang sangat natural dan mungkin bisa memberikan gambaran lain tentang kehidupan selain kehidupan yang kita miliki sekarang. Jika kalian adalah salah seorang dari bagian terakhir yang saya maksud, so…here we go to “catch” one of them now J

Ini adalah sebuah potret tentang suku Teras, sebuah suku yang mendiami sebuah daerah di dekat Sungai Teras di SP9 Cecar, Kabupaten Musirawas, Sumatra Selatan. Suku yang sebagian besar penghuninya adalah pengungsi dari suku Gumay Talang ( sebuah suku dari daerah Lahat, Sumatra Selatan), adalah sebuah komunitas yang awalnya terbentuk dari akibat pelarian dari penjajahan zaman Belanda dulu. Salah seorang dari penduduk setempat mengemukakan bahwa nenek moyang mereka dulu melarikan diri dari kampung halamannya demi melarikan diri dari penindasan para kompeni Belanda. Seiring dengan perubahan zaman, suku ini pun terus beregenerasi. Saat ini, meski masih dengan segala keterasingannya, suku yang untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka sehari-hari masih memanfaatkan sumber alam yang begitu kaya disekitar mereka ini, telah juga terjamah oleh peradaban dan sedikit mengikuti lajunya perkembangan teknologi. Terlihat dari sebagian besar penghuni daerah ini, telah mengenal pesawat televisi, motor, listrik dan bahkan ada pula yang telah mengerti cara menggunakan Handphone.

Bupati Musirawas, Ridwan Mukti pernah berkunjung ke daerah ini guna memantau perkembangan mereka. Salah seorang tetua disana mengatakan bahwa mereka mengharapkan perhatian dari para pemerintah khususnya dari Kabupaten Musirawas guna membantu mereka yang kadang kala masih akrab berselimutkan dengan berbagai masalah social, perekonomian dan kesehatan. Mereka juga berharap agar kedepannya nanti, salah satu dari putra-putri mereka bisa memberikan peran yang berarti bagi bangsa dan negara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).