Rabu, 05 Januari 2011

SUKU ANAK DALAM DAN SUKU KUBU

Suku Anak Dalam dan Suku Kubu

Terdapat 2 kelompok suku berbeda yang secara fisik dan menempati 2 tempat yang berbeda. Satu versi mengatakan bahwa Suku Anak Dalam adalah termasuk Suku Kubu. Tetapi versi lain mengatakan bahwa Suku Anak Dalam berbeda dengan Suku Kubu. Dikarenakan struktur fisik dan bahasa antara kedua suku ini sangat berbeda.

Suku Anak Dalam.
Kelompok pertama menempati wilayah hutan Musi Rawas Sumatra Selatan.


Kelompok ini menggunakan bahasa Melayu dan berkulit kuning dan bermata agak sipit. Kelompok inilah yang sering disebut Suku Anak Dalam. Menurut beberapa anggapan kelompok ini masuk ke dalam rumpun Proto Malayan.

Suku Kubu.
Kelompok kedua menempati wilayah hutan Jambi. Kelompok ini yang sering dikategorikan sebagai Suku Kubu. Kelompok ini berkulit sawo matang dan berambut ikal. Suku kubu ini sering terlihat melintas di jalan trans sumatra sambil ditemani seekor anjing. Biasanya laki-lakinya berjalan sambil membawa sebuah tombak berburu. Terkadang mereka membawa akar-akar hutan untuk obat-obatan yang dijajakan kepada penumpang-penumpang bus yang sedang singgah di rumah makan sepanjang jalan trans sumatra.


Perempuan Suku Kubu

Kelompok ini mulai membuka diri dengan masyarakat sekitarnya, tetapi tetap bertahan untuk tinggal di dalam hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).